Sunday, April 12, 2015

Pengertian Black Box : Apa Itu

Black Box - Dalam sebuah pesawat terbang terdapat istilah black box yang menjadi alat (komponen) kunci dalam rangka melakukan investigasi sebuah kecelakaan pesawat terbang. Sebab di dalam black box (yang dalam terjemahan bebasnya berarti : "kotak hitam") itu terdapat rekaman data selama penerbangan baik data penerbangan (misalnya kecepatan, tinggi, kemiringan, posisi dll) pada waktu tertentu maupun data berupa rekaman suara yang dapat didengar dari dalam kokpit (suara pilot dan aural warning atau bahkan suara lain seperti ledakan).
 
black-box
FDR dan CVR Pada Pesawat
Menurut yang saya tahu, kotak hitam itu merujuk pada dua komponen utama yaitu FDR (flight data recorder) dan CVR (cockpit voice recorder). Meskipun dikenal dengan istilah black box yang diterjemahkan berarti kotak hitam, namun faktanya kedua komponen ini berwarna orange. Pertimbangan warna orange adalah untuk memperjelas tampilan objek tersebut saat pencarian secara manual (visual).

Saat pesawat mengalami benturan (misalnya karena jatuh atau kecelakaan lain) maka FDR dan CVR akan memancarkan sinyal (ping) selama beberapa waktu yang dapat ditangkap oleh radar pada frekwensi tertentu. Ini bertujuan untuk memudahkan pencarian mengingat pentingnya alat ini untuk investigasi. Para pencari mesti beradu cepat dengan waktu saat pencarian alat ini oleh karena sinyal yang dipancarkan memiliki batas waktu. Bahkan saking berharganya kedua komponen ini, penempatannya di pesawat pun diperhitungkan pada tempat yang paling aman saat terjadi benturan. 



Baca juga :

No comments:

Post a Comment